Friday, October 26, 2012

Posted by azhar_artazie Posted on 2:37 AM | No comments

TEKNOLOGI INTERFACE TELEMATIKA DAN LINGKUNGAN KOMPUTASINYA


Pada tugas softskil selanjutnya disini akan diterangkan penjelasan tema sesuai judul yang tertera di atas adalah “TEKNOLOGI INTERFACE TELEMATIKA DAN LINGKUNGAN KOMPUTASINYA” sebelum kita membahas tema di atas sepatutnya kita harus mengetahui terlebih dahulu apa makna dari Interface tersebut, Jadi Interface atau Antarmuka adalah penghubung antara dua sistem atau alat. Media penghubung antara satu subsistem dengan subsistem lainnya.

Didalam Interface ini meliputi sebuah > Perangkat yang dipakai untuk mengerjakan sesuatu, dan perangkat yang secara tidak langsung mengontrol perangkat lunak, Piranti input atau output, dan Prosedur pemakaian perangkat.

Dan juga Terdapat beberapa teknologi yang berhubungan dengan telematika yaitu :

 ·      Pertama Head up display system, dari pembahasan atau pengertian yang telah dibaca di dalam Head up display system ini suatu tampilan interface yang transparan dimana di dalamnya menyajikan layanan interface antarmuka data-data yang terkait dengan sistem aplikasi tersebut. Contohnya pada pesawat jet atau yang lain menggunkan HUD kepala harus mengarah kedepan untuk melihat layanan interface ini dimana sistem HUD ini menyajikan layanan data kecepatan terbang, jarak Kilo Meter tinggi dari daratan, keadaan pesawat dan radar disekeliling pesawat untuk mengecek pesawat yang lain. Semakin berkembangnya zaman dan tahun, sistem ini dipakai pada alat transportasi lainya contohnya mobil yang bernilai miliaran rupiah sudah memakai sistem HUD ini sehingga tampak menarik.
·         Kedua adalah Tangible User Interface, dari pembahasan dan pengertian yang telah dibaca Tangible User Interface ini sistemnya lebih canggih lagi dibandingkan dengan HUD, karena pada TUI ini kita bisa dapat langsung berkomunikasi fisik dengan layanan interface TUI, banyak sekali contoh yang bisa dapat di ambil contohnya pada layanan restoran luar negeri kita dapat memilih makanan dengan cara touch screen dan memesan tersebut dengan terhubungnya jaringan koneksi kepada pelayan maka makanan akan siap di antar dan contoh lain pada film IRON MAN 2 Tony Stark langsung berkomunikasi dengan fisik menggunakan jari-jarinya untuk merancang suatu rancangan mesin robot.

·          Ketiga adalah Computer Vision, di dalam Computer Vision ini membahas pengolahan citra dari sisi gambar dimana meniru manusia Human Vision, Computer Vision ini sangat membantu sekali dalam bidang kinerja manusia karena dapat merancang suatu model-model yang di ilustrasikan (planing) menjadi suatu model yang menarik dan dapat dirancang pada fisiknya. Pada awalnya dari bentuk sederhana grafika 2D semakin berkembangnya teknologi maka terciptalah grafika 3D.

·         Keempat adalah Middleware Telematika, sebelumnya telah dibahas pengertiannya. Di dalam Middleware Telematika ini sebuah program dimana program ini dapat menghubungkan program berbeda pada Layer yang berbeda, dan juga bisa disebut protokol jaringan. Contohnya pada 1 server komputer  dapat disambungkan dengan banyak komputer yang lain, agar server lebih mudah memberi intruksi kepada komputer-komputer yang lain dan saling bisa terhubung dengan cara terkoneksi internet juga.

·         Kelima adalah Browsing Audio Data,  sebelumnya telah dijelaskan pengertianya. Sedikit membahas tentang Browsing Audio Data yaitu pada perangkat kamera terdapat suatu alamat IP(Internet Protocol), jadi pada aplikasi komputer dapat membrowsing video nya dengan cara jaringan terhubung mencari IP (Internet Protocol) kamera tersebut  melalui internet.

·        dan yang terakhir adalah Speech Recognation, yaitu maksudnya suara kita dapat terdeteksi oleh komputer atau diganti dengan tulisan juga bisa. Dan juga tanpa mengetik, dengan suara saja ia dapat menulis kata-kata yang di ucapkan tersebut sesuai keinginan user, jadi komputer mendeteksi suara dan di ubah menjadi tulisan.

Lingkungan Komputasinya

Dalam Lingkungan komputasinya kita lihat pada era zaman dulu sebelum terdapatnya fasilitas-fasilitas canggih terutama pada teknologi interface (antarmuka) ini, komputer hanya dipergunakan untuk menghitung dan mengetik, bahkan untuk menyimpan Hardware saja butuh tabung yang sangat besar, tapi semakin berkembangnya pengetahuan teknologi semakin meningkatnya suatu perangkat dll, sehingga Hardware tadi di buat berbentuk kecil tidak besar seperti tabung. Kita juga tidak tahu darimana asal-usulnya manusia mendapat ide cemerlang dari layanan teknologi interface tersebut, menurut penulis manusia mendapat ide tersebut dari segi kebiasaan mereka.
Contohnya sulitnya dalam maskapai penerbangan untuk melihat lama speedometer yang terdapat dibawah alat stir, maka dibuatkanlah sistem HUD(Head Up Display) agar pilot merasa aman dan nyaman sambil melihat kedepan tidak menunduk, serta menambah informasi pengetahuan dengan adanya data-data atau fitur-fitur canggih lainya. Dan yang lain adalah kebiasaan manusia dalam memilih menu makanan dengan cara menunjuk dengan jari ke arah nama makanan tersebut maka dengan otak yang cerdas dibuatkanlah sistem TUI(Tangible User Interface) dengan sistem ini dapat memilih menu makanan touch screen dan segera memesan dengan pelayan dengan memilih menu makanan yang dipilih. Kebiasaan manusia yang lainya adalah merancang dengan cara manual dengan alat yang manual juga sehingga perlu dikembangkannya dengan sistem Computer vision dengan sistem ini dapat membantu kinerja manusia. Selanjutnya Sistem Browsing Audio Data mempermudah manusia untuk mencari dan menghubungkan pada jaringan internet dengan cara mencari IP kamera agar video dapat terlihat.
Yang terakhir sulitnya membalas pesan tulisan ketika berada dikendaraan atau faktor kekuranganya anggota tubuh tangan (cacat) manusia dengan sistem Speech Recognation manusia dapat mudah dengan mengeluarkan suaranya maka pesan tulisan dapat tertulis sama apa yang diucapkan.
Categories:

0 comments:

Post a Comment