Sunday, October 7, 2012

Posted by azhar_artazie Posted on 6:19 PM | No comments

Perkembangan dan Tren Telematika



Perkembangan telematika dari zaman ke zaman, wak tu ke waktu semakin terus berkembang sangat pesat dan lebih canggih atau baik. Dari di mulainya pada saat perkembangan di mulai yaitu pada tahun 1970 mulai merintisnya perkembangan telematika ini sampai saat ini semakin melaju kencang informasi yang sangat mudah di kenal oleh manusia. Kita lihat dari segi Hadware banyaknya produk-produk Informasi Teknologi yang sangat mutakhir, dari zaman era 60 an dimana Hardware masih dalam ukuran yang sangat besar untuk menyimpan banyak data, hingga saat ini pada era zaman millennium ke atas sudah berkembangnya perangkat keras atau disebut Hardware dengan ukuran kecil bisa menyimpan beribu-ribu data. Tidak hanya di lihat dari segi itu saja terdapat contoh lain yaitu perangkat selular atau disebut Handphone, dimana pada era dulu Handphone masih berlayar hijau, beda dengan sekarang pada era 2000 ke atas semakin berkembangnya Informasi Teknologi dengan adanya handphone layar sentuh, dengan fasilitas WiFi,Bluetooth, memory internal/external yang tinggi kapasitasnya, begitu juga disertai kaca Handphone yang sangat tebal (GoliraGlass) agar tidak mudah pecah dll. Perangkat yang lainya kita juga bias melihat seperti era dulu masih adanya Personal Computer saja, namun sekarang sudah adanya NoteBook dan NetBook dengan ukuran kecil sehingga mudah dan praktis untuk dibawa kemana saja. Begitu juga dengan jaringan, seperti jaringan internet masyarakat Indonesia pada era millenium ke atas ini banyak sekali mengakses layanan internet bias di akses di rumah dan kantor dengan modem  atau disambung dengan layanan telfon rumah Telkom speedy, dan layanan internet ini juga di manfaatkan bagi perekonomian seperti di bukanya warnet, warung makan yang disediakan layanan WiFi gratis sehingga banyak sekali pengunjung yang tertarik untuk makan di tempat tersebut. Kini manusia atau khususnya masyarakat Indonesia dapat mengakses internet kapan saja dimana saja.
            Tren Telematika juga turut serta berkembang pesat dan melaju dalam segi pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi saat ini Hardisk (Perangkat Keras) tidak hanya memiliki kapasitas yang sangat kecil namun semakin berkembangnya zaman dan kecerdasan otak manusia maka terbuatlah dengan kapasitas yang sangat besar yang tadinya MB(MegaByte) menjadi GB (GigaByte) dan menjadi TeraByte sangat tinggi sekali kapasitasnya hingga dapat menyimpan beratus-ratus data disana.
Begitu juga adanya lomba dan persaingan yang sangat sehat antara Microsoft, Linux, Apple dll sama-sama berlomba untuk menampilkan daya tarik antarmuka tampilan yang sangat menarik dan bagus tidak hanya itu pengenalan dengan komputer sangat mudah, fasilitas search semacam Google, FireFox, Flock saling berlomba-lomba untuk kecepatan dalam pengaksesanya. OS untuk perangkat seluler juga semakin trendy yang tadinya OS java memimpin dengan game-game nya menarik dan aplikasinya, namun semakin melajunya zaman terdapat OS yang memimpin yaitu OS perangkat seluler Android fasilitas game,gps dan aplikasinya sangat lebih menarik, bagus dan trendy. Tidak hanya itu perangkat keras mesin ikut trendy digerakan dengan manusia tadinya dengan remote kontrol namun sekarang bergerak mandiri sendiri tanpa remote kontrol inilah era robotik akan segera trendy di zaman sekarang dan untuk ke depan.   



Categories:

0 comments:

Post a Comment