Menurut informasi yang saya ketahui, komunikasi
adalah ucapan lisan dari dua orang, organisasi bahkan suatu kelompok dengan
menggunkana informasi agar bisa saling terhubung. Pada tugas kali ini membahas
tentang tata cara agar etika komunikasi tidak kacau balau.
Maka dari itu dalam tugas ini diterapkan
bagaimana cara jalan keluarnya dalam menerapkan tata cara yang dapat di ambil
dari sumber-sumber peneliti yang sudah meneliti sebelumnya.
Dalam berkomunikasi ada etika seperti dalam
bahasa inggris, yaitu 5W+1H : Who, What, Where, When, Why & How.
1.
Who (siapa)
Mengetahui siapa yang diajak bicara, seperti
pandangan mata agar kita menghargai lawan bicara.
Ket : Terkadang jangan terlalu akrab dahulu
jika belum mengenal lebih jauh atau baru mengenalnya karena belum tahu sikap
orang tersebut.
2.
What (apa)
Lawan bicara harus tau apa yang sedang
dibicarakan, karena jika tidak mengetahui apa yang dibicarakan pasti membuat
kita merasa jengkel.
Ket : Dilihat dari segi sikap dan perilakunya
atau bisa juga dari sifat.
3.
Where (dimana)
Berkomunikasi harus tau tempat, jika saja
berbicara pendapat tentang sesuatu yang tidak disukai, maka bisa saja orang
sekitar kita merasa tidak suka dengan pendapat kita.
Ket : Dalam pepatah mutiara bahasa arab “li
qulli maqamin maqalun wa li quli maqalin maqamun” yaitu dimana dia berbicara
pasti tau tempat keadaanya. Contoh : Jika di kelas ada Guru sedang menerangkan
mata pelajaran apakah patut berbicara/ngobrol.?
4.
When (kapan)
Tidak mudah untuk mengetahui kapan waktu yang
tepat untuk berkomunikasi. Misalnya bertamu ke tempat orang yang penting, tidak
mungkin kan saat shubuh berkumandang??
Ket : Tau keadaan waktu kapan ingin
berkomunikasi apakah ketika tengah malam ketika saat orang-orang beristirahat
untuk tidur?.
5.
Why (mengapa)
Pertanyaan ini agar fokus dengan tujuan
pembicaraan.
Ket : Dimana terdapat topik disitulah
sebelumnya terdapat suatu alasan mengapa dibahas.
6.
How (bagaimana)
Cara kita berkomunikasi dengan penyampaian
yang jelas. Jika kita salah penyampaian, jadi salah juga kita dalam beretika
komunikasi.
Ket : Etika perilaku bagaimana adab berbicara
yang sopan dengan sesuai lawan bicara kita.
Dengan adanya tata cara di atas atau alur adab berkomunikasi, dijamin pasti dapat menerapkanya agar tidak kacau balau dalam berkomunikasi.
Dengan adanya tata cara di atas atau alur adab berkomunikasi, dijamin pasti dapat menerapkanya agar tidak kacau balau dalam berkomunikasi.
0 comments:
Post a Comment